Dua Biksu Ditembak Mati di Thailand Selatan

Polisi memeriksa lokasi penembakan. (Foto: AFP)

Bangkok: Sejumlah pria bersenjata menembak mati dua biksu Buddha dan melukai dua lainnya di sebuah kuil di Thailand Selatan.

Penyerang berpakaian hitam dan membawa senapan, masuk secara diam-diam ke Kuil Rattanaupap di Provinsi Narathiwat dekat perbatasan Malaysia. Seketika mereka menembak dengan brutal.

Dilansir dari AFP, Sabtu 19 Januari 2019, serangan itu terjadi sekitar 19.30 malam waktu setempat. Para penyerang masuk ke kuil melalui area belakang dengan menyeberangi sungai.

Sejak 2004, bentrokan antara pemberontak etnis Melayu-Muslim dan Buddha di Thailand menewaskan sekitar 7.000 orang dari kedua belah pihak.

Jumlah korban tewas di Thailand Selatan turun di tahun lalu ketika Junta memperketat keamanannya. Namun, kekerasan kembali muncul beberapa hari terakhir.

Juru bicara Pemerintah Thailand Buddhipongse Punnakanta pun mengatakan, Perdana Menteri Prayut Chan-o-cha mengutuk aksi tersebut.

“PM mengecam serangan tersebut dan menginstruksikan para pejabat untuk menyelidiki dan menemukan para penyerang untuk diadili,” kata Buddipongse.

Hingga kini, belum ada pihak maupun kelompok yang bertanggungjawab atas serangan ini. 

(WIL)