Habib Bahar Mangkir, Polisi Layangkan Panggilan Kedua

JawaPos.com – Polisi melayangkan kembali panggilan terhadap Habib Bahar bin Smith. Adapun hari ini dia mangkir ketika mau diperiksa terkait pernyataannya yang dianggap menghina Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol Syahar Diantono, surat panggilan kedua untuk Bahar telah dikirim ke kediamannya. “Terkait panggilan, Bareskrim melakukan panggilan kembali dan sudah dilayangkan, yang terima adik beliau,” ujarnya di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Senin (3/12).

Di surat kedua ini, polisi meminta Bahar untuk datang pada Kamis (6/12). “(Surat panggilan) untuk datang ke Bareskrim hari Kamis ini,” imbuhnya.

Adapun alasan Bahar tidak datang pada panggilan yang dilayangkan penyidik pekan lalu, Syahar belum mengetahuinya. Namun dia mengakui bahwa surat yang dilayangkan pertama kali tidak diterima yang bersangkutan. “Sehingga kita buat lagi panggilan baru,” kata dia.

Mengenai adanya potensi untuk melakukan pemanggilan paksa jika Bahar terus-terusan mangkir, Syahar tidak mau berandai-andai. “Kita lihat nanti,” tegas dia.

Untuk status Bahar sendiri, katanya masih sebatas saksi. Syahar menambahkan bahwa semua proses penyelidikan dijalankan sesuai prosedur.

Termasuk pemeriksaan 11 saksi dan 4 saksi ahli. “Sebelum kita lakukan panggilan ya kita periksa saksi terkait, termasuk saksi pelapor. Semua sudah dilakukan sesuai prosedur,” tegasnya.

(dna/ce1/JPC)