HRW Minta Thailand Cegah Deportasi Wanita Saudi

Rahaf Mohammed al-Qunun. (Foto: AFP)

Bangkok: Human Rights Watch (HRW) meminta otoritas Thailand untuk menghentikan rencana deportasi Rahaf Mohammed al-Qunun, seorang wanita Arab Saudi yang dilarang masuk ke Thailand.

Ia ditahan di Bandara Suvarnabhumi ketika transit untuk melanjutkan penerbangan ke Australia guna mencari suaka. al-Qunun, 18 tahun, kabur dari keluarganya ketika sedang berlibur di Kuwait.

Al-Qunun mengaku telah memiliki visa Australia. Namun ketika transit di Bangkok, paspornya disita oleh seorang diplomat Saudi dan ditahan karena tak memiliki tiket pulang. 

Baca: Kabur dari Keluarga, Wanita Saudi Ditolak Masuk Thailand

“Al-Qunun akan mendapatkan penyiksaan lebih hebat jika dikembalikan ke Saudi,” kata Wakil Direktur HRW Timur Tengah Michael Page, dikutip dari BBC, Senin 7 Januari 2019.

Sementara itu, Kedutaan Besar Arab Saudi di Bangkok mengatakan ia akan dideportasi ke Kuwait terlebih dahulu di mana banyak anggota keluarganya tinggal di negara tersebut.

“Pemerintah Saudi tidak memiliki wewenang untuk menahannya di bandara atau di mana pun di negara lain. Kami juga sudah berkomunikasi dengan ayah yang bersangkutan,” sebut pernyataan dari kedubes.

Ketika dimintai keterangan, al-Qunun mengaku ia sempat dikurung selama enam bulan di kamar oleh keluarganya. Tak hanya itu, ia juga mendapat pelecehan seksual dan tekanan psikologis.

(WIL)