Serangan di Kantor Polisi Afghanistan Tewaskan 5 Orang

Belum ada yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan di kantor polisi Herat, Afghanistan, 12 Januari 2019. (Foto: AFP)

Herat: Sekelompok orang bersenjata menyerang sebuah kantor polisi di Afghanistan barat pada Sabtu 12 Januari 2019. Serangan menewaskan sedikitnya lima orang dan membuat dua lainnya terluka.

Hingga saat ini belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan di kantor polisi di Herat tersebut, yang berlokasi dekat perbatasan Iran. Namun kelompok militan Taliban terus meningkatkan serangan mereka terhadap polisi dan prajurit Afghanistan.

Juru bicara gubernur provinsi Herat Jelani Farhad mengatakan, lima korban tewas terdiri dari dua polisi dan tiga warga sipil, salah satunya masih anak-anak. Mereka semua tewas dalam sebuah serangan yang berlangsung hampir dua jam.

Baca: Rentetan Serangan Taliban Tewaskan 21 Aparat Afghanistan

Dua petugas terluka, dan semua penyerang berhasil dibunuh. Seperti dikutip dari laman Dawn, jubir Kementerian Dalam Negeri Afghanistan Najid Danish mengatakan pasukan khusus kepolisian telah dikerahkan ke lokasi serangan.

Aksi kekerasan terbaru bisa jadi merupakan bagian dari gelombang serangan Taliban terhadap pasukan Afghanistan sejak 17 tahun terakhir. Serangan terbaru terjadi saat utusan Amerika Serikat untuk Afghanistan Zalmay Khalilzad mengunjungi kawasan untuk mencari cara mengakhiri perang di Afghanistan.

Khalilzad, yang bertemu perwakilan Taliban bulan lalu di Abu Dhabi, akan pergi ke Afghanistan dan juga Tiongkok, India dan Pakistan dalam sebuah tur yang berlangsung hingga 21 Januari mendatang.

Kementerian Luar Negeri AS tidak mengatakan apakah Khalilzad akan kembali bertemu Taliban. Namun utusan itu dijadwalkan bertemu “sejumlah pejabat pemerintah Afghanistan dan pihak terkait lainnya.”

(WIL)