Tiga Pejabat Korut ke AS Rundingkan KTT

Kim Yong-chol (kiri) dan Mike Pompeo ketika bertemu di Pyongyang, Juli 2018. (Foto: AFP)

Pyongyang: Tiga pejabat tinggi Korea Utara (Korut) akan bertolak ke Amerika Serikat (AS) untuk merundingkan pertemuan kedua antara Presiden Donald Trump dan Kim Jong-un. 

Di antara tiga pejabat tersebut, terdapat nama Kim Yong-chol yang merupakan pejabat senior di Korut dan disebut-sebut sebagai tangan kanan Kim Jong-un.

Dilansir dari Guardian, Kamis 17 Januari 2019, Kim Yong-chol akan terbang ke Washington melalui Beijing, bersama Deputi Menteri Luar Negeri Korut Choe Son Hui dan satu pejabat lagi.

Kim Yong-chol rencananya akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo. Kim dan Pompeo telah beberapa kali bertemu untuk membicarakan soal KTT dan juga denuklirisasi Korut. 

Baca: Pompeo akan Temui Tangan Kanan Kim Jong-un

Selain itu, dalam kunjungan kali ini ke AS, Kim disebut-sebut membawa surat dari Kim Jong-un untuk Trump. Meski demikian, tak ada yang bisa mengonfirmasi kabar ini. 

Kementerian Luar Negeri AS enggan membeberkan rencana pertemuan tersebut dan mengatakan tidak ada pertemuan antara Kim Yong-chol dan Pompeo. 

Usai pertemuan perdana di Singapura pada Juni 2018 lalu, AS dan Korut sedang mempersiapkan pertemuan kedua antara Trump dan Kim Jong-un. Pertemuan ini diharapkan akan digelar pada tahun ini.

Sejumlah negara pun telah menjadi sasaran digelarnya pertemuan kedua tersebut, salah satunya Vietnam yang telah menawarkan diri menjadi tuan rumah. 

(FJR)