Vietnam Tawarkan Diri jadi Tuan Rumah KTT AS-Korut

Jembatan Emas, salah satu tempat wisata di Vietnam yang berlokasi di Ba Na Hills dekat Da Nang. (Foto: AFP)

Ho Chi Minh: Vietnam dilaporkan telah menawarkan diri menjadi tuan rumah pertemuan kedua antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un.

Meski belum ada konfirmasi pasti dari Pemerintah Vietnam, disebut-sebut penawaran ini telah disampaikan Vietnam ke Korut dan Korea Selatan (Korsel).

Tak hanya itu, sejumlah media Korsel dan Jepang juga melaporkan bahwa Trump menyarakankan Vietnam menjadi lokasi pertemuan keduanya dengan Kim Jong-un.

“Ada rencana untuk mengadakan pembicaraan di Vietnam pada pertengahan bulan ini,” ucap salah seorang pejabat Korsel, dikutip dari Strait Times, Senin 14 Januari 2019.

Baca: Singapura dan Vietnam Diincar jadi Tempat KTT Kedua AS-Korut

Selain itu, Korut juga dikabarkan sedang meninjau permintaan AS untuk menghelat pertemuan di Vietnam. Namun, baik AS, Korut maupun Korsel belum memberikan tanggapan resmi.

Spekulasi bahwa Vietnam akan menjadi negara tempat pertemuan Trump dan Kim muncul setelah Menteri Luar Negeri Korut Ri Yong Ho terlihat mengunjungi Hanoi. Kunjungan yang sama juga dilakukan oleh Mark Lambert, pejabat senior Kementerian Luar Negeri AS yang menangani masalah Korut.

Vietnam menjadi negara yang cukup dipertimbangkan. Pasalnya, Vietnam berhasil menjadi tuan rumah APEC pada 2017 yang berlokasi di Da Nang. Vietnam dapat diakses oleh kedua pemimpin dan menawarkan hotel-hotel mahal berbintang lima.

Hingga saat ini, Gedung Putih pun belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait lokasi dan waktu pertemuan Trump dan Kim akan digelar untuk kedua kalinya. 

(WIL)